Home » Buah Stroberi » Persemaian Stroberi

Persemaian Stroberi

Saturday, June 14th 2014. | Buah Stroberi

PERSEMAIAN STROBERI

Persemaian Stroberi, untuk memudahkan perawatan, biji yang sudah mendapat perlakuan fungisida, disemaikan dalam wadah yang terbuat dari kotak kayu, polibag, pot bunga, dan sebagainya. Biji disebar merata di atas persemaian stoberi, dengan media berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang (kompos) yang halus dan bersih.

Benih disemaikan merata di atas media dan tutup dengan tanah tipis, Kotak persemaian stroberi ditutup dengan plastik atau kaca bening dan disimpan pada temperatur 18-20 derajat celcius. Tutuplah kemudian dengan tanah yang dilieatkan melalui sebuah ayakan pula, tidak usah tebal, tetapi asal dapat menutup saja.

Media untuk persemaian stroberi ini dipilih yang mempunyai aerasi baik, subur, dan gembur. Dengan media yang gembur, maka akar stroberi akan tumbuh lurus dan memudahkan pemindahan bibit ke polibag pembesaran.

Persemaian Stroberi ditaruh di tempat yang terlindung dari gangguan ternak terutama ayam dan itik – bebek. Selain itu persemaian stroberi perlu dinaungi agar tidak terkena sinar matahari langsung dan derasnya curah hujan. Persemaian stroberi ini harus dijaga agar tidak kekeringan. Biasanya penyiraman cukup dilakukan satu kali sehari yaitu pada waktu pagi hari atau sore hari.

Persemaian Stroberi

Persemaian Stroberi

Penyiapan Polibag Stroberi, siapkan polibag (hitam) dengan ukuran kira-kira 15 x 23 cm. Polibag diberi lubang secukupnya di bagaian damping dan bagian bawah. Isi polibag stroberi dengan media semai stroberi berupa campuran tanah subur, pasir, dan pupuk kandang (kompos) yang halus dan bersih (dengan perbandingan 1:1:1). Sebelum biji untuk bibit ditanam, polibag disiram air agar tidak berbentuk rongga di dalamnya.

Menanam semaian stroberi, segera setelah tanaman stroberi berdaun dua helai (kira kira umur 1 bulan), calon bibit dipindahkan ketempat penyapihan berupa pot kecil atau polibag atau takir yang dapat kita buat sendiri dari batang pisang. Pada waktu penyapihan ini, dipilih calon bibit yang benar-benar kuat saja. Hanya anak semai stroberi yang tumbuh sehat dengan perakaran yang kuat saja yang dipindahkan ke polibag. Maksud penyapihan ini adalah untuk melatih tanaman terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke lahan pertanaman yang telah ditetapkan. Tentunya hanya bibit yang benar-benar kuat saja yang tahan mengatasi penyapihan ini.

Persemaian Stroberi

Setiap pagi, takir atau polibag penyapihan dijemur di sinar matahari, tetapi kalau sudah pukul 09.00 dilindungi lagi. Juga hujan tidak boleh menimpanya. Setelah berada ditempat penyapihan selama kira-kira 3 minggu, barulah bibit itu boleh dipindahkan dan ditanam di lahan pertanamannya yang tetap, berupa bedeng-bedeng yang sudah digemburkan tanahnya, dan diberi pupuk kandang kering yang sudah dingin.

Jika ada pertanyaan atau apapun mengenai isi dari informasi ini, silahkan hubungi jangan ragu-ragu Agus Duradjak di HP 081323739973 BBM 29E26136 Telepon 022-85920070, terima kasih sudah membaca informasi ini dengan judul Persemaian Stroberi.

Advertisement

Related For Persemaian Stroberi

Comment For Persemaian Stroberi

CV.FAMILY CIWIDEY

Olahan Stroberi – Order Disini !

Stroberi Kharisma Ciwidey

Strawberry Stroberi Ciwidey

Advertisement

Stroberi Informasi :