Home » Buah Stroberi » Perkembangan Stroberi Ciwidey di Jawa Barat

Perkembangan Stroberi Ciwidey di Jawa Barat

Monday, May 27th 2013. | Buah Stroberi, Olahan Stroberi, Stroberi

Perkembangan Stroberi Ciwidey di Jawa Barat

Perkembangan Stroberi Ciwidey di Jawa BaratKecamatan Rancabali, yang masih termasuk Kabupaten Bandung, terletak diwilayah pengunungan sebelah selatan Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Kecamatan Ciwidey, yang terkenal dengan perkebunan tehnya. Kalau Rancabali sebelumnya lebih dikenal sebagai kawasan kebun teh, kini warga setempat mempunyai mata pencaharian baru, yaitu Stroberi. Kendati masih terbilang baru, paling tidak sudah 500 petani beralih dari usaha sayur-mayur ke Stroberi dan juga masyarakat Ciwidey, mereka juga menanam stroberi ciwidey.

Selain menjual buahnya, sebagian warga kemudian berinisiatif berbisnis Stroberi Ciwidey walk. Sama dengan tea walk, wisatawan domestic dapat berjalan-jalan di kebun-kebun Stroberi Ciwidey. Hanya bedanya, mereka dapat langsung menikmati kesegaran buah yang dipetik dari pohonnya.

Baru pada pertengahan tahun 1990-an, Stroberi Ciwidey dikenal masyarakat Rancabali. Kemudian mulai merambah ke Ciwidey yang secara geografis letaknya lebih rendah daripada Rancabali. Sekitar tahun 1995, seorang petani diketahui membeli bibit Stroberi Ciwidey dari luar negeri dan mencoba menanamnya di Rancabali. Pemilihan Rancabali sebagai lokasi penanaman dikarenakan memiliki udara yang dingin menyerupai habitat asli Stroberi Ciwidey.

Namun, baru dua tahun kemudian, yaitu tahun 1997, Stroberi Ciwidey menjadi tanaman yang umum ditemui di halaman rumah penduduk. Menyadari potensinya, pada tahun 1999 masyarakat mulai menanam Stroberi Ciwidey dalam skala besar.

Hanya saja ketika itu, pemasaran buah berwarna merah berbintik kuning itu masih sulit  karena mudah membusuk sedangkan pemasarannya pun tidaklah jauh, baru seputar Bandung. Sekitar tahun 2000, pasar Stroberi Ciwidey mulai merambah keluar Bandung, yaitu ke Jakarta. Menyusul perbaikan disegi pengumpulan, pengemasan dan pemasaran, terjadi booming Stroberi Ciwidey pada tahun 2001.

Tiga tahun berselang, tahun 2004, kebun Stroberi Ciwidey mendominasi pertanian didua kecamatan yang letaknya tidak jauh dari Gunung Patuha. Ciwidey dan Rancabali yang dulu dikenal dengan kebun tehnya, sekarang lebih dikenal dengan kebun Stroberi Ciwidey.

Jenis Stroberi Ciwidey yang banyak ditanam penduduk adalah Fragaria nilgerrensis. Tetapi, oleh warga lebih sering disebut Stroberi Ciwidey nyoho. Selain itu dikenal pula Stroberi Ciwidey California ( Fragaria Vesca ), Holland, dan Ananassa ( Fragaria ananassa ).

Menurut beberapa petani, kultivar-kultivar itu memiliki perbedaan, namun ada juga kesamaanya. Perbedaanya terletak pada bentuk buahnya. Buah Stroberi Ciwidey Nyoho dan Ananassa agak mengerucut ( konikal ), sementara California dan Holland agak membulat ( globosa ). Adapun kesamaannya, petani dapat memanen buah stoberi tiga hingga empat kali seminggu.

Dari hasil pembicaraan dengan petani Stroberi Ciwidey di Ciwidey bahwa musim yang baik adalah musim yang tidak terlalu banyak curah hujannya. Karena curah hujan dengan inntensitas tinggi mengakibatkan buah Stroberi Ciwidey yang sudah mulai tua menjadi busuk atau berjatuhan terkena hujan.

Demikianlah informasi tentang perkembangan Stroberi Ciwidey di Rancabali dan di Ciwidey, mudah-mudahhan dapat bermanfaat. Jangan lupa jika berkunjung ke Ciwidey atau Rancabali luangkan waktu untuk mencoba memetik langsung buah Stroberi Ciwidey-nya. Dan jangan lupa jika belum sempat untuk datang ke Ciwidey, Anda bisa memesan produk olahan Stroberi Ciwidey dengan memesan kepada kami, nanti kami kirim sesuai apa yang diinginkan, ok salam Stroberi Ciwidey.

Advertisement
tags: , ,

Related For Perkembangan Stroberi Ciwidey di Jawa Barat

Comment For Perkembangan Stroberi Ciwidey di Jawa Barat

CV.FAMILY CIWIDEY

Olahan Stroberi – Order Disini !

Stroberi Kharisma Ciwidey

Strawberry Stroberi Ciwidey

Advertisement

Stroberi Informasi :