Home » Buah Stroberi » Menanam Stroberi

Menanam Stroberi

Wednesday, November 19th 2014. | Buah Stroberi, Stroberi

Menanam Stroberi

Menanam Stroberi, dari uraian yang telah dibahas sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa stroberi merupakan tumbuhan yang sangat cantik dan mempunyai banyak manfaat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sekarang kamu belajar menanam si cantik yang mempunyai banyak manfaat ini.

Stroberi dapat ditanam dengan berbagai cara. Cara memperbanyak tumbuhan stroberidapat dilakukan melalui biji dan stolon. Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk memperbanyak tumbuhan disebut bibit. Berikut ini akan dibahas mengenai pembibitan.

Menanam Stroberi

Pembibitan dengan biji – Biji stroberi yang digunakan untuk benih menanam stroberi dapat kita beli di toko-toko yang menjual alat dan bahan pertanian atau di supermarket tertentu. Benih yang telah dibeli harus kita rendam dalam air selama 15 menit agar mendapat cukup air. Setelah direndam, binih stroberi di angin-anginkan supaya kering.

Menanam Stroberi

Benih stroberi yang telah kering harus disemai di kotak persemaian, yang dapat terbuat dari kayu atau plastik. Kotak persemaian kemudian diisi oleh media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos halus yang bersih. Dengan perbandingan 1:1:1. Selanjutnya, benih stroberi kita semai secara merata di kotak persemaian yang telah diisi media tanam dan tutup dengan tanah tipis.

Terakhir, kotak semai ditutup dengan plastik atau kaca bening dan disimpan pada temperatur 18-20 derajat Celsius.

Proses persemaian selanjutnya ialah penyiraman yang dilakukan setiap hari. Setelah bibit tumbuh dan mempunyai dua helai daun, maka bibit telah siap dipindahkan ke bedeng sapih. Bibit stroberi ditanam di bedeng sapih dengan jarak antar bibit yaitu 2-3 cm. Media tanam bedeng sapih sama dengan media persemaian. Bedeng diberi atap plastik bening. Selama di dalam bedengan, bibit stroberi diberi pupuk daun. Setelah berukuran 10 cm dan tanaman telah merumpun, bibit siap dipindahkan ke kebun.

Pembibitan stroberi dengan stolon – Stolon dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman stroberi. Caranya ialah sebagai berikut. Pilih rumpun stroberi yang telah memiliki akar sulur pertama dan kedua. Kemudian, potong kedua akar sulur tersebut. Selanjutnya, bibit sulur ditanam di dalam polybag berukuran 18 x 15 cm yang berisi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang perbandingan ( 1:1:1 ). Setelah tingginya 10 cm dan berdaun rimbun, bibit siap dipindahkan ke kebun.

Menanam Stroberi

Selain cara di atas, bibit stroberi budi daya dapat juga dilakukan di plybag-polybag. Pada dasarnya, cara pembibitan stroberi tersebut sama saja dengan cara-cara pembibitan yang lainnya. Pembibitan stroberi dari benih stolon dilakukan dengan cara yang sama, tetapi media tanam yang digunakan merupakan campuran gabah padi dan pupuk kandang, dengan perbandingan 2:1.

Setelah bibit dipersemaian berdaun dua, bibit tersebut siap dipindahkan. Bibit dipindahkan ke polybag besar ukuran 30 x 20 cm berisi media yang sama. Di polybag ini, bibit dipelihara sampai menghasilkan buah siap panen.

Jika masih ada pertanyaan, kritik dan saran atau apapun mengenai informasi atau mengenai isi dari site ini hubungi Saya Agus Duradjak,SE di HP 081323739973 BBM 29E26136 Telepon 022-85920070, terima kasih Anda telah membaca informasi ini yang berjudul Menanam Stroberi.

 

Advertisement
tags: , ,

Related For Menanam Stroberi

Comment For Menanam Stroberi

CV.FAMILY CIWIDEY

Olahan Stroberi – Order Disini !

Stroberi Kharisma Ciwidey

Strawberry Stroberi Ciwidey

Advertisement

Stroberi Informasi :