Home » Buah Stroberi » Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Saturday, June 8th 2013. | Buah Stroberi, Stroberi

Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey, Belajar merupakan proses tiada henti dan tidak mengenal jarak, salah satu yang perlu kita contoh adalah semangat yang ditunjukan oleh saudara kita Kelompok Tani Muntea yang belajar agrobisnis stroberi ke Bandung Ciwidey, mari kita simak bersama perjalanan mereka untuk mengenal agrobisnis stroberi ciwidey Bandung.

Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Setelah belajar bercocok tanam apel di Batu, Jawa Timur, sebanyak sembilan orang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Muntea, Desa Bontolojong, Kabupaten Bantaeng, Sulsel, kini berlajar bercocok tanam stoberi di Bandung, Jawa Barat.

Para petani yang didampingi penyuluh, kepala desa, dan camat itu meninggalkan Bantaeng menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Selasa (28/7) untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung, Jawa Barat.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantaeng Suaib di Bantaeng, Senin, mengatakan, para petani akan melihat langsung cara pengembangan tanaman yang buahnya berbentuk hati tersebut.

Menurut dia, para petani akan berada di Desa Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung selama dua hari. Selama berada di kawasan agrowisata stroberi terbesar di Indonesia itu, Kelompok Tani Muntea juga akan menjalin kerja sama dengan Asosiasi Agribisnis Stroberi dan Wisata (Asgita) untuk menjamin ketersediaan bibit berkualitas serta teknologi budidaya dan pascapanennya.

Kerja sama juga akan dilakukan dengan Kelompok Tani Bunga, Mekar Sari Putra di Kabupaten Lembang, Jawa Barat. Ia berharap, melalui kerja sama tersebut, petani Muntea mendapat bekal yang baik untuk meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan stroberi di Bantaeng.

Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Ia mengakui, para petani Muntea itu sudah memiliki pengalaman, namun masih kesulitan mengembangkannya sehingga sulit mengantisipasi animo masyarakat yang berdatangan dari berbagai daerah yang ingin melihat dan memetik buah stroberi. “Produksi buah yang dihasilkan dari sembilan petani tersebut belum mampu memenuhi keinginan masyarakat untuk memetik langsung. Karena itulah, kami berharap, setelah melakukan studi banding, petani Muntea memiliki pengalaman baru untuk pengembangan lebih lanjut,” tuturnya.

Petani kita masih kewalahan menghadapi pengunjung yang semakin banyak. Karenanya diperlukan pengembangan lebih lanj .ut, tambah Suaib yang mengakui pihaknya sudah melakukan pembinaan bekerjasama Kelompok Tani Muntea untuk melakukan pengembangan dalam bentuk kapling.

Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Sedikitnya lima kapling segera dilakukan agar pengunjung tidak terfokus pada satu lokasi. Ini dimaksudkan agar pengunjung perkebunan stroberi bisa lebih memiliki ruang untuk menikmati buah merah yang banyak disukai orang tersebut.

Dia berharap, pengembangan stroberi bersama apel di Kecamatan Ulu Ere akan dapat memantapkan kawasan agrowisata di kabupaten berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini, belajar agrobisnis stroberi ke Bandung , terima kasih sudah membaca informasi ini yang berjudul Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey.

Advertisement
tags: , , ,

Related For Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

Comment For Belajar Agrobisnis Stroberi Ciwidey

CV.FAMILY CIWIDEY

Olahan Stroberi – Order Disini !

Stroberi Kharisma Ciwidey

Strawberry Stroberi Ciwidey

Advertisement

Stroberi Informasi :