Home » Olahan Stroberi » Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Friday, July 26th 2013. | Olahan Stroberi, Stroberi

Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang, Pertanian stroberi di Yamanashishi Minami, sekitar 150 km ke arah barat dari kota Tokyo. Pertaniannya sengaja diperuntukkan sebagai tempat wisata pertanian yang disebut Ichigogari.

Ichigogari merupakan istilah bahasa jepang yang terdiri dari dua kata. Ichigo berarti stroberi, dan kari berarti memburu. Digabungkan bunyi ucapannya menjadi Ichigogari, yang artinya memetik buah stroberi di sebuah kebun stroberi dan memakan hasil petikan sendiri sepuasnya.

Terima kasih kepada pelanggan yang telah order olahan stroberi, yang kami buat dari buah stroberi asli. Olahan Stroberi tersedia disini Informasi lengkap mengenai stroberi hubungi kami di HP 081323739973 BBM 29E26136 atau di Telepon 022-85920070.

Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Salah satu daerah yang terkenal dengan Ichigogari adalah Prefektur Yamanashi. Seorang pekebun telah melakukan budidaya stroberi sejak tahun 2003. Dengan bantuan JA (Koperasi Pertanian Jepang) mereka memperoleh pinjaman untuk pembangunan prasarana dan sarana pertanian stroberi.

Pertanian stroberi ini terletak di perbukitan di pinggir kota, mempunyai 6 buah  greenhouse, setiap greenhouse ditandai dengan nomor. Luas setiap greenhouse 1.000 m2.

Greenhouse dilengkapi dengan peralatan modern, antara lain seperti berikut ini.

  1. Pengatur suhu ruangan greenhouse, pengatur penyiraman air hara, penghangat tanah, dan gas CO.
  2. Fasilitas tanki penyimpan minyak tanah untuk bahan bakar mesin pemanasan greenhouse dan tabung-tabung berisi gas CO untuk membantu pertumbuhan tanaman stroberi yang diberikan dengan cara memberikan gas CO ke dalam ruang greenhouse pada saat sebelum matahari terbit sekitar jam 4-6 pagi.
  3. Plastik penutup untuk mengatur suhu udara dalam greenhouse yang dapat dibuka-tutup secara otomatis dengan kawat.
  4. Pipa untuk menyalurkan air hangat sebagai pengatur suhu tanah media tanaman stroberi.
  5. Pengontrol tekanan air yang dialirkan melalui pipa-pipa untuk menyirami tanah media tanaman stroberi.
  6. Heater (mesin pemanas) ruang greenhouse untuk menjaga agar ruangan tetap hangat ketika musim dingin.
  7. Locker yang terkunci untuk tempat penyimpanan barang bawaan para pengunjung.

Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Wisata Ichigogari untuk umum dibuka pada saat buah stroberi sudah banyak yang memerah matang dimulai akhir bulan Desember sampai dengan pertengahan bulan Mei tahun berikutnya.

Mereka yang ingin datang ke pertanian Ichigo harus memesan dahulu beberapa hari sebelumnya dengan menyebutkan jam dan tanggal kedatangan serta jumlah orang yang akan datang. Pengunjung dipersilakan memetik buah stroberi dan memakan sepuasnya selama 30 menit.

Pendaftaran pengunjung setiap hari dibuka pukul 09:00-16:00. Pengunjung sebelum masuk greenhouse mencuci tangan terlebih dahulu.  Pengunjung diberikan penjelasan cara memetik stroberi dan mendapatkan layanan satu set plastik yang terdapat dua cekungan, satu berisi susu kental manis dan yang lain tempat sisa stroberi.

Pilih stroberi yang sudah matang berwarna merah, celupkan ke dalam susu kental manis, lalu santaplah dan nikmati kelezatannya. Sisa potongan stroberi yang berwarna hijau dikumpulkan di cekungan sebelahnya. Susu kental manis dimakan habis, sampah hijau dimasukkan tempat sampah yang bisa dijadikan pupuk, sedangkan tempat plastiknya dimasukkan ke tempat sampah plastik untuk didaur ulang.

Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Pada gambar diatas tampak suasana wisatawan ketika memeti, menyantap stroberi, menikmati keindahan deretan stroberi, dan bunga-bunga yang ditanam di pot dalam greenhouse. Warna merah stroberi yang menempel di bibir dan pipi membuat gelak tawa riang wisatawan. Ketinggian tempat tanaman telah dibuat sedemikian rupa shingga stroberi mudah dipetik baik dengan posisi berdiri maupun jongkok. Pengunjung memetik dan menyantap stroberi di tempat yang rapid an bersih yang dialasi dengan plastik.

Harga tiket untuk masuk kebun ini bergantung pada bulan. Harga tiket per orang pada Bulan Desember 2.000 yen, bulan Januari 1.800 yen, Februari 1.700 yen, Maret 1.500 yen, April 1.200 yen, Mei 1.000 yen. Sedangkan anak yang berumur kurang dari 7 tahun tiketnya dikenakan lebih murah yaitu 500-1.200 yen per anak.

Pemasukan selama kurang lebih empat setengah bulan sekitar 3,5-4,0 juta yen. Sebagian besar uang ini dipergunakan untuk ongos produksi dan cicilan biaya pembangunan greenhouse, sarana dan prasarana pertanian lainnya. Pengusahanya mengaku penghasilan selama empat setengah bulan 1,0-2,0 juta yen, Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang.

Advertisement
tags: , ,

Related For Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

Comment For Agrowisata Petik Stroberi Cara Ichigogari, Jepang

CV.FAMILY CIWIDEY

Olahan Stroberi – Order Disini !

Stroberi Kharisma Ciwidey

Strawberry Stroberi Ciwidey

Advertisement

Stroberi Informasi :